Selasa, Agustus 30, 2022

Refleksi Individu Modul 2.1

 

Refleksi Diri: Mengelola kelas dan Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid yang  Berbeda-beda


Untuk melayani kemampuan murid yang berbeda saya telah melakukan metode pembelajaran yang bervariatif, menggunakan berbagai media pembelajaran, dan memberikan tugas sesuai tingkat kemampuan murid. Untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah telah membuat suasana belajar yang menyenangkan dengan menggunakan metode pembelajaran bervariasi yang membuat murid senang misalnya melalui pesan berantai untuk menghafalkan materi, menggunakan akronim untuk memudahkan mengingat. Menghadapi murid yang berbeda kebutuhan belajarnya saya juga memperlakukan berbeda, yang saya lakukan adalah untuk murid yang memiliki kemampuan yang kurang dibanding murid yang memiliki kemampuan lebih, saya akan memberi soal dengan bobot yang lebih rendah, atau memberi jumlah soal lebih sedikit agar termotivasi dan tetap semangat untuk belajar.

Tantangan yang saya hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid saya adalah bagaimana cara menyatukan keberagaman tersebut menjadi satu kesatuan yang saling menerima satu sama lain. Keberagaman yang dimiliki murid itu mulai dari segi sifat: ada yang pemalu, riang, mudah marah, pemberani, penakut, sombong, rendah diri, dll. Dari segi kemampuan: ada yang cepat bernalar kritis, ada yang lambat berpikir, ada yang kreatif, dll. Perbedaan tersebut menjadi hal yang istimewa menurut saya. Untuk mengatasi tantangan tersebut, waktu pembelajaran Bahasa Indonesia saat presentasi materi "Surat lamaran Pekerjaan", mereka saya bagi menjadi  beberapa kelompok yang beranggotakan murid-murid berbeda agama, sifat, dan kemampuan di setiap kelompok. Keunikan yang mereka miliki, harus dituntun untuk berbaur dan saling menerima satu sama lain. Saya tanamkan pada murid bahwa perbedaan adalah hal yang unik dan istimewa dalam diri murid. Ketika mereka berdiskusi materi, awalnya mereka nampak kaku, dan bingung, tetapi   saya tetap mengarahkan agar tiap kelompok bekerjasama dan saling menghargai. Alhasil, tiap kelompok menjadi lebih kompak, tanpa melihat perbedaan.

Selain itu untuk menghadapi tantangan dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid yang memiliki kemampuan yang berbeda adalah pemilihan metode pembelajaran yang mampu memfasilitasi, saya juga melakukan tindakan untuk mengatasi tantangan tersebut dengan berkolaborasi dengan teman sejawat terkait macam-macam metode pembelajaran yang menarik. Mencoba hal baru dalam menyampaikan materi sehingga anak tidak merasa bosan. Merefleksi apa yang sudah saya lakukan untuk memperbaiki diri. Mengajak dialog agar saya tahu sejauh mana materi pelajaran telah mereka kuasai.

Untuk mengakomodasi keberagaman murid sebaiknya dalam merancang pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan murid, baik metode, media pembelajaran, maupun kedalaman materi. Pembelajaran juga harus disesuaikan dengan kondisi murid di kelas, perlakuan terhadap murid tidak boleh sama namun harus disesuaikan dengan kebutuhan murid. Pada saat melakukan evaluasi soal juga harus disesuaikan dengan kemampuan murid yang beragam, jangan sampai murid yang kemampuannya rendah (kurang) mendapatkan soal yang sama dengan murid yang memiliki kemampuan lebih (pandai), karena hal ini akan menyebabkan murid yang memiliki kemampuan kurang akan malas dan tidak bersemangat untuk belajar ketika mendapatkan hasil evaluasi dengan nilai yang rendah.

 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih, penyampaian refleksinya, tersurat jelas pemahaman tentang pembelajaran yang berpihak pada murid dengan merancang pembelajaran yang tepat diawali dengan apa yang dibutuhkan oleh siswa yang beragam. tantangan dan tawaran solusi juga menarik.. terus menginspirasi, you're rock!!