Senin, Juni 06, 2022

Mulai dari Diri - Modul 1.2

Diagram Trapesium Usia

ilustrasi pribadi

 

Refleksi

1.  Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan?

Peristiwa positif menjadi juara atau pemenang lomba cerdas cermat SD/MI tingkat kecamatan

Peristiwa negatif diterima di perguruan tinggi tetapi tidak sesuai dengan jurusan yang diinginkan.


2. Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?

Dari kedua momen tersebut banyak pihak yang terlibat diantaranya dari pihak sekolah, orang tua, dan sekolah lain. Dari pihak sekolah misalnya teman-teman sekolah, baik teman satu kelas maupun lain kelas, guru-guru. Orang tua juga terlibat dalam hal ini karena mengikuti kegiatan sekolah harus sepengetahuan dari orang tua. Lomba cerdas cermat tidak hanya diikuti satu sekolah, tapi semua sekolah dasar (SD/MI) satu kecamatan. Oleh karena itu sekolah lain pun terlibat.


3. Dampak emosi yang saya rasakan hingga sekarang? 

Pada peristiwa positif perasaan yang saya rasakan adalah gembira atau senang karena mengingat momen tersebut banyak hal positif yang saya dapatkan dan hal positif tersebut bertahan hingga sekarang.

Pada peristiwa negative perasaan yang saya rasakan adalah perasaan sesal, mengapa waktu itu saya menyiapkan diri dengan sungguh-sungguh dan kerja keras.


4. Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat dirasakan dan mungkin masih dapat memengaruhi diri Anda di masa sekarang?

Masa sekolah menjadi masa yang selalu dirasakan sampai sekarang karena pada usia tersebut masa dimana setiap kejadian menjadi kenangan dan selalu diingat. Masa sekolah merupakan awal dimulainya interaksi dengan dunia luar setelah lingkungan keluarga. Dapat dikatakan bahwa sekolah adalah rumah kedua sehingga setiap kejadian yang dialami ketika usia sekolah akan selalu diingat dan dikenang sepanjang hayat. Bahkan usia sekolah sangat mempengaruhi pada kehidupan saat ini, karena setiap keputusan yang diambil ketika masa sekolah hasilnya dirasakan saat ini.

Pada momen positif, peristiwa tersebut sangat berkesan bagi saya karena banyak hal yang saya dapatkan termasuk mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dan dapat membuat orang tua, teman-teman sekolah, dan guru-guru bangga.

Pada momen negative, peristiwa tersebut sangat berkesan bagi saya dan selalu menjadi pembelajaran hingga saat ini, bahwa untuk mewujudkan keinginan harus menyiapkan diri dengan sungguh-sungguh dan kerja keras.


5. Menurut Anda, apa saja peran dari seorang Guru jika dikaitkan dengan trapesium usia?

Menurut saya peran seorang guru sangat penting, guru sangat mempengaruhi murid dalam mengambil keputusan dan apa yang sudah diputuskan dapat dirasakan sampai sekarang. Guru dianggap figur yang dijadikan panutan dan dapat memberikan pengaruh positif sehingga memberikan inspirasi terhadap keputusan yang  diambil murid. Guru sebagai penuntun memang seharusnya dapat mendorong murid untuk dapat mewujudkan cita-cita sesuai dengan kodratnya. 

Dengan menjadi guru sebagai penuntun yang baik, kelak murid akan mengingat dan merekam kejadian positif yang terjadi ketika mereka masih duduk di bangku sekolah. Jadi saat mereka dewasa atau setelah lulus nanti akan selalu teringat dengan peran dan pentingnya seorang guru. 


6. Buatlah 1-2 kalimat yang dapat menggambarkan nilai-nilai yang Anda percayai sebagai seorang Guru, menggunakan kata-kata berikut: Guru, Murid, Belajar, Makna, Peran.

Guru adalah penuntun yang di dalam dirinya melekat nilai-nilai baik untuk diteladani dan mengarahkan murid dalam proses belajar agar keberhasilan bukan hanya dalam pengajaran. Oleh karena itu, sebagai penuntun sudah seharusnya guru menempatkan diri sebagai seorang yang mempunyai peran untuk memberi tuntunan dan mendidik bukan hanya mengajar agar kegiatan pembelajaran mempunyai makna.

 

Nilai dan peran guru penggerak menurut saya:  

1.     Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?

·      Mandiri, saya mempunyai inisiatif sendiri untuk mengikuti berbagai pelatihan, diklat dan kegiatan lain yang positif yang mendukung pekerjaan saya.

·      Kolaboratif, sebagai makhluk sosial saya tidak mungkin bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Kolaborasi dengan berbagai pihak akan mensukseskan program-program yang telah disiapkan.

·      Inovatif, saya mampu menerapkan berbagai metode dan media pembelajaran dalam mentransfer ilmu kepada siswa

·      Reflektif, sebagai seorang guru nilai reflektif harus dimiliki, saya mampu belajar dari pengalaman sebelumnya agar lebih baik dimasa mendatang.

 

2.     Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?

Peran yang saya lakukan adalah "Mewujudkan Kepemimpinan" , yaitu memberikan motivasi kepada siswa agar memunculkan keberanian, percaya diri, kemandirian, dan kreativitasnya. Selain itu penanaman karakter baik senantiasa saya lakukan dengan cara pembiasaan.

 

  

Tidak ada komentar: