Diagram
Trapesium Usia
ilustrasi pribadi
Refleksi
1. Apa peristiwa positif dan negatif yang
saya tuliskan?
Peristiwa
positif menjadi juara atau pemenang lomba cerdas cermat SD/MI tingkat kecamatan
Peristiwa
negatif diterima di perguruan tinggi tetapi tidak sesuai dengan jurusan yang
diinginkan.
2. Selain saya, siapa lagi yang
terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?
Dari kedua momen tersebut
banyak pihak yang terlibat diantaranya dari pihak sekolah, orang tua, dan sekolah
lain. Dari pihak sekolah misalnya teman-teman sekolah, baik teman satu kelas maupun lain kelas, guru-guru. Orang tua juga terlibat dalam hal ini karena mengikuti
kegiatan sekolah harus sepengetahuan dari orang tua. Lomba cerdas cermat tidak
hanya diikuti satu sekolah, tapi semua sekolah dasar (SD/MI) satu kecamatan. Oleh karena itu
sekolah lain pun terlibat.
3. Dampak
emosi yang saya rasakan hingga sekarang?
Pada peristiwa positif
perasaan yang saya rasakan adalah gembira atau senang karena mengingat momen
tersebut banyak hal positif yang saya dapatkan dan hal positif tersebut
bertahan hingga sekarang.
Pada peristiwa negative
perasaan yang saya rasakan adalah perasaan sesal, mengapa waktu itu saya menyiapkan
diri dengan sungguh-sungguh dan kerja keras.
4. Mengapa momen yang terjadi di masa
sekolah masih dapat dirasakan dan mungkin masih dapat memengaruhi diri Anda di
masa sekarang?
Masa
sekolah menjadi masa yang selalu dirasakan sampai sekarang karena pada usia
tersebut masa dimana setiap kejadian menjadi kenangan dan selalu diingat. Masa
sekolah merupakan awal dimulainya interaksi dengan dunia luar setelah
lingkungan keluarga. Dapat dikatakan bahwa sekolah adalah rumah kedua sehingga
setiap kejadian yang dialami ketika usia sekolah akan selalu diingat dan
dikenang sepanjang hayat. Bahkan usia sekolah sangat mempengaruhi pada
kehidupan saat ini, karena setiap keputusan yang diambil ketika masa sekolah
hasilnya dirasakan saat ini.
Pada momen positif, peristiwa
tersebut sangat berkesan bagi saya karena banyak hal yang saya dapatkan
termasuk mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dan dapat membuat orang
tua, teman-teman sekolah, dan guru-guru bangga.
Pada
momen negative, peristiwa tersebut sangat berkesan bagi saya dan selalu menjadi
pembelajaran hingga saat ini, bahwa untuk mewujudkan keinginan harus menyiapkan
diri dengan sungguh-sungguh dan kerja keras.
5. Menurut Anda, apa saja peran dari
seorang Guru jika dikaitkan dengan trapesium usia?
Menurut
saya peran seorang guru sangat penting, guru sangat mempengaruhi murid dalam mengambil
keputusan dan apa yang sudah diputuskan dapat dirasakan sampai sekarang. Guru
dianggap figur yang dijadikan panutan dan dapat memberikan pengaruh positif
sehingga memberikan inspirasi terhadap keputusan yang diambil murid. Guru sebagai penuntun memang
seharusnya dapat mendorong murid untuk dapat mewujudkan cita-cita sesuai dengan
kodratnya.
Dengan
menjadi guru sebagai penuntun yang baik, kelak murid akan mengingat dan merekam
kejadian positif yang terjadi ketika mereka masih duduk di bangku sekolah. Jadi
saat mereka dewasa atau setelah lulus nanti akan selalu teringat dengan peran
dan pentingnya seorang guru.
6. Buatlah 1-2 kalimat yang dapat
menggambarkan nilai-nilai yang Anda percayai sebagai seorang Guru, menggunakan
kata-kata berikut: Guru, Murid, Belajar,
Makna, Peran.
Guru adalah penuntun yang di
dalam dirinya melekat nilai-nilai baik untuk diteladani dan mengarahkan murid dalam
proses belajar agar keberhasilan bukan hanya dalam pengajaran.
Oleh karena itu, sebagai penuntun sudah seharusnya guru menempatkan diri sebagai seorang yang mempunyai peran untuk
memberi tuntunan dan mendidik bukan hanya mengajar agar kegiatan pembelajaran
mempunyai makna.
Nilai
dan peran guru penggerak menurut saya:
1.
Apa
nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru,
dan komunitas sekolah saya?
· Mandiri,
saya mempunyai inisiatif sendiri untuk mengikuti berbagai pelatihan, diklat dan
kegiatan lain yang positif yang mendukung pekerjaan saya.
· Kolaboratif,
sebagai makhluk sosial saya tidak mungkin bisa hidup tanpa bantuan orang lain.
Kolaborasi dengan berbagai pihak akan mensukseskan program-program yang telah
disiapkan.
· Inovatif,
saya mampu menerapkan berbagai metode dan media pembelajaran dalam mentransfer
ilmu kepada siswa
· Reflektif,
sebagai seorang guru nilai reflektif harus dimiliki, saya mampu belajar dari
pengalaman sebelumnya agar lebih baik dimasa mendatang.
2.
Apa
peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan
komunitas sekolah saya?
Peran yang saya lakukan
adalah "Mewujudkan Kepemimpinan" , yaitu memberikan motivasi kepada
siswa agar memunculkan keberanian, percaya diri, kemandirian, dan kreativitasnya.
Selain itu penanaman karakter baik senantiasa saya lakukan dengan cara
pembiasaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar